Jumat, 08 Mei 2020

Aplikasi Desmos


Aplikasi Desmos merupakan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan sebagai media interaktif matematika. Aplikasi ini dibuat oleh Eli Luberoff dari Universitas Yale dan diluncurkan sebagai startup di konferensi New York TechCrunch's Disrupt New York pada tahun 2011. Desmos adalah kalkulator grafik canggih yang diimplementasikan sebagai aplikasi web dan aplikasi seluler yang dapat digunakan untuk membuat aktivitas kelas.

Aplikasi Desmos dapat membantu siswa untuk menghubungkan konsep matematika dengan bentuk dan gambar yang nyata. Hal ini sesuai dengan pernyataan Ebert, D (2015) bahwa desmos merupakan alat yang dapat digunakan untuk menggambar grafik yang dapat diakses secara daring dan dapat dioperasikan pada computer, tablet maupun smarthphone (telepon pintar). Olehkarena itu aplikasi ini dapat digunakan guru maupun siswa. Penggunaan desmos dalam pembelajaran akan membantu guru untuk membelajarkan siswa mengenai materi yang berkaitan dengan grafik maupun gambar.


Aplikasi ini dilengkapi fitur-fitur menarik, dilengkapi dengan berbagai fungsi plot untuk membuat table dan animasi grafik serta efek slider untuk melihat pengaruh variable tertentu sehingga gambar kelihatan lebih hidup. Aplikasi ini juga memfasilitasi penguna untuk memiliki akun sendiri sehingga pengguna dapat menyimpan hasil kerja dan membagikan hasilnya kepada yang lain dan dapat diakses. Keunggulan aplikasi ini dibanding dengan aplikasi yang sejenis adalah aplikasi ini dapat digunakan tanpa harus menginstal terlebih dahulu dan tentunya mempermudah siswa untuk belajar, menyelesaikan tugas dimanapun dan kapanpun.

Untuk menggunakan aplikasi ini melalui PC dapat dilakukan dengan mengunjungi website www.desmos.com. Aplikasi ini juga dapat diakses melalui PC ataupun Smartphone bebasis android/ios, hanya jika jika ingin mengakses aplikasi ini melalui smartphone maka harus di download terlebih dahulu melalui play store bagi pengguna android atau app store (untuk ios).

Tampilan aplikasi desmos dapat dilihat pada gambar berikut:
Tampilan Desmos setelah dibuka dapat dilihat pada gambarberikut
 
Desmos menyediakan beberapa fitur yang meliputi : Graphing, Slider, Tabel, pengaturan, zoom dan bahasa dan menyimpan serta membagikan grafik (Desmos, Inc , 2017)
Pada aplikasi ini siswa siswa dapat membuat grafik persamaan garis lurus di situs web. siswa juga dapat melihat bagaimana jika persamaan diberikan kepada mereka dalam bentuk yang berbeda, itu bisa menjadi garis yang sama. Siswa juga dapat menentukan persamaan garis melalui grafik yang diberikan dan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus. Setelah siswa menggunakan aplikasi ini siswa akan membangun sendiri konsep persamaan garis lurus dengan pengetahuan yang diperolehnya. Aplikasi ini dapat membantu siswa untuk mengeksplor pengetahuan dalam aktivitas matematika, Selain itu belajar juga akan lebih menyenangkan karena aplikasi ini menyediakan berbagai fitur menarik sehingga siswa dapat belajar sekaligus bermain. Siswa dapat memasukkan jumlah ekspresi matematika yang tidak terbatas dan langsung melihat hasil yang digambarkan pada halaman web Desmos. Berbagai warna dan fitur memungkinkan untuk mengubah grafik menjadi gambar yang kompleks dan realistis.tutorial desmos dapat dilihat pada video berikut.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar