Jumat, 08 Mei 2020

My Story About Kanal IGI SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog)

Terdapat banyak organisasi profesi guru, salah satu organisasi profesi guru yang aktif dalam mengembangkan kompetensi guru adalah IGI. IGI atau singkatan dari IKATAN GURU INDONESIA merupakan suatu organisasi  organisasi pendidikan yang beranggotakan guru, dosen, dan pemerhati pendidikan di Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009.

Organisasi ini telah lama didirikan namun saya baru mengenal IGI pada tahun 2019 ketika saya mengikuti workshop SAGUSAMPE (Satu Guru Satu Media Penyimpanan) IGI Kabupaten Langkat yang dilaksanakan pada tanggal 9-17 Februari dengan pola IN-ON. Ketika melihat paparan narasumber saya pun terkesan dan tergelitik dipikiran saya untuk bergabung menjadi anggota IGI. Akhirnya saya pun mendaftarkan diri menjadi Anggota dan pada tangga, 9 Februari 2019 saya resmi menjadi anggota IGI. Oh ya..bagi rekan-rekan sesama guru yang ingin bergabung bisa mendaftar di https://anggota.igi.or.i

Apa sih kelebihan menjadi anggota IGI?
Ada beberapa kelebihan menjadi anggota IGI diantaranya : pertama organisasinya berbadan hukum loh, jadi kalau mengadakan kegiatan sertifikatnya bisa dipakai untuk kenaikan pangkat, kedua dapat mengikuti kegiatan secara gratis, ketiga jika kegiatan berbayar maka dapat potongan harga, ada beberapa diklat yang hanya dikhususkan untuk anggota IGI, keempat, jaringan organisasinya banyak, jadi bisa nambah kenalan sesama guru, keenam kegiatan Up to date, jadi banyak pengalaman baru yang diperoleh jika bergabung dan mengikuti kegiatan IGI.

Salah satu kegiatan yang ada di IGI adalah SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) Dasar. SAGUSABLOG Dasar merupakan salah satu kanal di IGI yang memfasilitasi anggota IGI untuk dapat membuat blog sendiri. dengan materi sebagai berikut : 1. membuat blog dengan blogger; 2. mengganti dan mendesain template bawaan blogger; 3. mendesain Header blog; 4. Mengelola dan Menghias Blog; 5. membuat dan mengelola menu blog dan 6. membuat dan mengelola soal online di google drive. Untuk mengikuti kegiatan ini sangat mudah cukup klik daftar kemudian isi akun. untuk selengkapnya bagaimana cara mendaftar kegiatan ini dapat dilihat pada tayangan video berikut:

 

Setelah mendaftar, maka kita akan diberikan materi baik berupa modul maupun video tutorial seperti  yang terdapat pada video berikut



Nah, saat ini kegiatan SAGUSABLOG DASAR (40) yang dimulai dari tanggal 8-14 Mei 2019 dan diikuti oleh sekitar 578 peserta yang terbagi menjadi 34 kelas. Tiap kelas didampingi oleh para mentor dan fasilitator untuk membantu peserta dalam mengikuti kegiatan. Saya termotivasi mengikuti kegiatan ini berkat saran dari rekan saya sesama guru yang pernah mengikuti kegiatan ini..walaupun dulu sekitar tahun 2016 saya pernah membuat blog secara otodidak, namun ternyata ketika mengikuti SAGUSABLOK DASAR ini banyak informasi yang saya peroleh mengenai cara membuat blog. Pada workshop ini peserta akan dibantu bagaimana menyelesaikan kendala dalam membuat blog sehingga peserta mampu untuk membuat blog yang bagus.































Tidak ada komentar:

Posting Komentar